Per September, Kredit Modal Kerja Naik jadi Rp 2.538,2 Triliun

Kontributor: -3 views

JAKARTA (XNews.id) – Bank Indonesia (BI) mencatat kebutuhan pembiayaan korporasi pada Oktober 2021 menunjukkan tren peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Pertumbuhan kredit perbankan mencapai 3,24 persen year-on-year (YoY). Hal tersebut membuat perbankan semakin optimistis mengucurkan kredit modal kerja.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan, saldo bersih tertimbang (SBT) bulan lalu sebesar 16,7 persen. Angka itu lebih tinggi daripada SBT September 2021, yakni 11,1 persen.

Sektor konstruksi, perdagangan, reparasi mobil, dan penyediaan makanan dan minuman terindikasi memiliki kebutuhan pembiayaan yang meningkat. Terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo, serta mendukung pemulihan domestik.

“Sebagian besar sumber pembiayaan masih didominasi dari dana sendiri dan pinjaman perbankan dalam negeri dengan pemanfaatan kelonggaran tarik yang meningkat. Sementara pinjaman dari perusahaan induk terindikasi menurun,” katanya Senin (22/11).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!