Foto Lama di Turki Diberi Keterangan Tidak Sesuai

Kontributor: -4 views

MENCOMOT foto dan memberikan keterangan yang tidak tepat kerap ditemukan di media sosial. Dampaknya, terjadi disinformasi. Misalnya, lima foto tangkapan layar yang dibagikan akun Facebook. Narasi foto tersebut terkait kebakaran hutan, salat minta hujan, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

”MasyaAllah Allahu Akbar,’’ tulis akun Facebook ZQ HK yang membagikan lima foto tersebut pada 20 November 2021. Dua foto dengan suasana hujan, satu foto orang sedang duduk, foto Presiden Erdogan, dan satu foto kebakaran. Masing-masing foto diberi narasi yang saling berhubungan. Keterangan gambar itu menyebut pada Agustus 2021, Turki dilanda kebakaran hutan. Lalu, Presiden Erdogan memerintahkan salat Istisqa atau salat minta hujan. Tak berselang lama usai salat, jamaah langsung diguyur hujan yang sangat deras (bit.ly/SalatMintaHujan).

Dari hasil penelusuran, kebakaran hebat memang sempat terjadi di Turki pada Agustus 2021. Beberapa media arus utama menyebut kebakaran hutan hebat itu diklaim sebagai bencana terburuk sepanjang sejarah Turki. Namun, foto yang ditampilkan tidak tepat. Begitu pula, foto warga yang salat di bawah guyuran hujan itu ternyata beredar sejak 2020. Salah satunya diunggah di Twitter CNN Turki pada 19 Juni 2020.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!