Peringatan Hari Guru, Refleksi Paradigma Pembelajaran Pascapandemi

Kontributor: -7 views

MENYAMBUT Hari Guru Nasional (HGN) 2021 yang ditetapkan berdasar hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November, terdapat beberapa catatan kritis yang dapat dikemukakan. Catatan itu berupa kemajuan maupun hal-hal yang perlu diperbaiki. Tujuannya agar tidak mengulangi kesalahan di masa lalu bahwa pendidikan di Indonesia jalan di tempat.

Selama ini terdapat potensi bahaya yang tersimpan cukup lama, namun tidak kita sadari. Yaitu, pendidikan di Indonesia mengalami stagnasi dalam segi kualitas selama kurang lebih dua dekade terakhir. Semakin lama kualitas pendidikan Indonesia tidak semakin baik. Hal itu terlihat dari berbagai ukuran penilaian kemajuan pendidikan dan daya saing bangsa secara internasional, misalnya dilihat dari skor PISA dan TIMMS.

Apa yang salah dalam dunia pendidikan kita? Sering kali guru dipersalahkan dalam situasi ini. Padahal, sebenarnya guru adalah ujung tombak bagi kita untuk melakukan perubahan dan perbaikan kualitas pendidikan. Karena itu, perannya harus diperkuat, diberdayakan, dan diberi otonomi. Jangan sampai, kalau ada persoalan pendidikan, seolah-olah guru menanggung beban itu sendirian. Beberapa dekade terakhir ini, para guru kita sebenarnya sudah melakukan banyak inovasi dan berbagai upaya terobosan yang kreatif.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!