Separo Dana BOS Bisa untuk Gaji Guru dan Tendik Honorer

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kado khusus untuk menyambut Hari Guru Nasional (HGN). Kini separo dana bantuan operasional sekolah (BOS) bisa digunakan untuk gaji guru dan tenaga kependidikan (tendik) honorer.

Hal itu tertulis dalam petunjuk teknis (juknis) pengelolaan dana BOS tahun anggaran 2021. Dalam aturan yang berlaku tahun ini, penggunaan dana BOS untuk guru dan tendik di Kemenag maksimal hanya 30 persen. Di dalam aturan juknis penggunaan dana BOS 2022, alokasi untuk guru dan tendik maksimal 50 persen. Penghitungan persentase itu dilihat dari total anggaran dana BOS yang diterima sekolah.

Sementara itu, nominal dana BOS yang dikucurkan tidak berubah.

Di jenjang pendidikan raudhatul athfal atau pendidikan anak usia dini (PAUD), dana BOS ditetapkan Rp 600 ribu/siswa/tahun. Kemudian, jenjang madrasah ibtidaiyah (MI) Rp 900 ribu/siswa/tahun, madrasah tsanawiyah (MTs) Rp 1,1 juta/siswa/tahun, dan madrasah aliyah (MA) Rp 1,5 juta/siswa/tahun.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!