Tulis Kasus Korupsi Jurnalis Divonis 3 Bulan, Aulia: Negara Ini Sakit

Kontributor: -3 views

JAKARTA (XNews.id) – Mantan penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Aulia Postiera turut mengomentari vonis tiga bulan penjara terhadap seorang jurnalis Muhammad Asrul, karena memberikan terkait dugaan korupsi. Menurut Aulia negara sedang sakit, jurnalis yang memberitakan korupsi justru harus divonis bersalah tiga bulan penjara.

“Negara ini benar-benar sedang sakit,” kata Aulia dalam unggahan pada akun media sosial Twitter pribadinya @paijodirajo, Kamis (25/11).

Aulia yang dipecat dari KPK karena tidak memenuhi syarat asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) ini tak memungkiri, kerja-kerja pemberantasan korupsi di Indonesia sangat penuh tantangan. Bahkan pegiat antikorupsi juga ada yang diserang secara fisik maupun secara hukum.

“Justru yang berkolaborasi dengan koruptor aman-aman saja,” sesal Aulia.

Terpisah, Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) Damar Juniato mengungkapkan, hukuman tiga bulan penjara terhadap Muhammad Asrul merupakan kriminalisasi terhadap kerja-kerja jurnalis. Dia mengutarakan, kriminalisasi ini terlihat sejak dicantumkannya Pasal 28 ayat 2 tentang Ujaran Kebencian yang ancamannya di atas lima tahun.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!