Upaya Shofiyah Ceritakan Sejarah Pasar Loak Dupak Rukun lewat Buku

Kontributor: -9 views

Banyak warga Kota Pahlawan yang tak mengerti bahwa Pasar Loak Dupak Rukun pernah menjadi pusat jual beli rombeng terbesar di Asia Tenggara. Shofiyah ingin menunjukkan peran pasar tersebut bagi masyarakat kelas menengah-bawah melalui buku yang ditulisnya.

EKO HENDRI SAIFUL, Surabaya

HIDUP sebagai cucu perombeng tidak lantas membuat Shofiyah minder. Sebaliknya, hal itu merupakan sebuah kebanggaan. Salah satu ilmu yang diperolehnya adalah jadi pengepul harus pintar dan kreatif. Pandai memilih barang mana saja yang bernilai tinggi untuk dijual.

Tidak hanya pesan kakeknya yang diingat Shofiyah. Kenangan soal bau besi berkarat di rumahnya juga masih dikenang. Begitu pula deru suara mesin las yang membuatnya geregetan saat musim ujian.

”Begitu ada tugas menulis skripsi, saya langsung tancap gas. Temanya harus tentang perombeng,” kata Shofiyah mengawali ceritanya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!