Vonis 3 Bulan Terhadap Jurnalis Asrul Ciderai Kemerdekaan Pers

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) menilai vonis tiga bulan penjara terhadap Muhamad Asrul yang merupakan jurnalis berita.news dinilai telah menciderai kemerdekaan pers. Asrul yang menuliskan terkait peristiwa dugaan korupsi dinyatakan bersalah melanggar pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan pidana tiga bulan penjara yang dibacakan Pengadilan Negeri Palopo, Sulawesi Selatan pada Selasa (23/11).

Meskipun vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yakni pidana 1 tahun penjara, karena dituduh melanggar Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Namun Komite Keselamatan Jurnalis menilai putusan majelis ini telah menciderai kemerdekaan pers.

“Vonis pidana penjara ini, telah menciderai semangat insan pers yang bertugas mengabarkan informasi kepada publik dan dilindungi UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. UU pers telah mengatur dan mengamanatkan bahwa protes, keberatan, atau penolakan terhadap sebuah laporan berita atau produk jurnalistik, seharusnya diselesaikan dengan mekanisme hak jawab dan hak koreksi dari pihak yang keberatan,” kata Koordinator Komite Keselamatan Jurnalis, Erick Tanjung dalam keterangannya, Kamis (25/11).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!