Apindo: Hati-Hati Aksi Mogok Kerja Tak Sah Bisa Dianggap Undur Diri

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) merespon rencana aksi mogok kerja nasional yang digelar oleh para buruh pada 6 hingga 8 Desember 2021 mendatang. Diperkirakan akan ada 2 juta buruh dari 100 ribu pabrik yang akan ikut dalam aksi mogok kerja nasional tersebut.

Direktur Apindo Research Institute P. Agung Pambudhi memandang, mogok kerja memang merupakan hak dari para pekerja dan diatur dalam sederet peraturan ketenagakerjaan. Namun aksi mogok kerja yang akan diselenggarakan dinilai tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Mogok yang ada (dalam UU Ketenagakerjaan) adalah mogok kerja, yang merupakan akibat gagalnya dari perundingan,” kata Direktur Apindo Research Institute P. Agung Pambudhi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (25/11).

Agung menjelaskan, mogok kerja yang diizinkan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu melakukan perundingan terlebih dahulu dengan pengusaha. Jika tidak mencapai kesepakatan, baru berhak melakukan aksi mogok kerja.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!