Banyak Manfaatnya, BKPM Dorong UMKM Kantongi NIB

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendorong para pelaku usaha, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menerbitkan nomor induk berusaha (NIB). Staf Khusus Menteri BKPM, Pradana Indra Putra memastikan pemerintah berupaya penuh untuk memberikan kemudahan dalam proses pengurusan NIB.

“Kita memasuki era dengan keberpihakan yang luar biasa terhadap UMKM,” kata Pradana dalam acara diskusi webinar, dikutip Jumat (26/11).

Pradana menambahkan, keberpihakan ini juga tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang mewajibkan adanya alokasi anggaran pemerintah untuk pemberdayaan UMKM. Menurutnya, UU Cipta Kerja bahkan mengatur terkait penyewaan area komersil milik pemerintah sebesar 30 persen diprioritaskan kepada UMKM dengan harga lebih murah. Serta adanya kebijakan memitrakan UMKM dengan pengusaha besar untuk menyerap produk atau jasa pengusaha lokal.

“Namun semua program tersebut baru dapat diakses oleh UMKM apabila memiliki NIB,” tuturnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!