Kapasitas Gereja-Mal 50 Persen, Wisata Pengundang Kerumunan Ditutup

Kontributor: -3 views

JAKARTA (XNews.id) – Sebulan menjelang pemberlakuan pengetatan aktivitas saat momen Natal dan tahun baru (Nataru), pemerintah menerbitkan pedoman bagi para kepala daerah. Harapannya, waktu persiapan banyak sehingga kebijakan itu bisa terlaksana dengan baik. Juga dapat mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Dasar hukum yang menjadi pedoman pelaksanaan pengetatan itu diterbitkan dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021.

Instruksi yang dipublikasikan pada Rabu (24/11) itu ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota seluruh Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya yang membedakan Jawa-Bali dan non-Jawa-Bali, pemberlakuan pedoman tersebut disamakan secara nasional.

Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal menjelaskan, inmendagri tersebut mulai berlaku pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Dengan ketersediaan waktu yang panjang, diharapkan pelaksanaan di lapangan juga baik.

Rencananya, pekan ini ada rapat koordinasi seluruh elemen pusat dan daerah. ”Untuk menjelaskan secara baik tentang kesiapan kita dan apa situasi yang akan kita hadapi,” ujarnya kemarin.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!