Ketahuan Mark Up Gaji Karyawan, Kepala Keuangan Kembalikan Rp 4,5 M

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Debora Soegiharto dipercaya Tjandra Prayogo menduduki jabatan sebagai kepala keuangan di perusahaannya, PT Remaja Perdana Engineering (RPE). Kepercayaan itu didapatkannya setelah bekerja selama 14 tahun di perusahaan tersebut. Namun, kepercayaan itu disalahgunakan. Perempuan itu diam-diam menggelapkan uang perusahaan dengan me-mark up gaji karyawan.

Jaksa penuntut umum Sulfikar dalam dakwaannya menyatakan, selama 2015–2016, Debora mengajukan pembayaran gaji pekerja borongan setiap pekan untuk lima pemborong. Pengajuan tersebut disampaikan kepada bosnya, Tjandra, secara lisan dengan jumlah gaji dilebihkan. Tjandra lantas memberikan cek giro kepada Sugianto, sopir perusahaan. Uang itu lantas diserahkan Sugianto kepada Debora yang mencatatnya di buku kas keluar.

”Uang yang sengaja dilebihkan diambil terdakwa Debora,” ujar jaksa Sulfikar dalam dakwaannya saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Setelah menyisihkan uang kelebihan untuk diambil sendiri, Debora menyerahkan uang untuk gaji karyawan kepada Rezha Eka Octaviyanti, kasir perusahaan, untuk dibayarkan kepada para pemborong. Jaksa Sulfikar dalam dakwaannya menyebut kerugian PT RPE akibat perbuatan terdakwa mencapai Rp 694,5 juta.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!