Catatan Perjalanan Vaksinasi, Jokowi Jadi Orang Pertama Hingga Booster

Kontributor: -11 views

JAKARTA (XNews.id) – Hari ini, setahun lalu, yaitu 13 Januari 2021, menjadi momen Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Ia disuntik dengan vaksin Corona Vac dari Sinovac asal Tiongkok. Kini setelah setahun berlalu, perjalanan vaksinasi sudah hampir memenuhi target herd immunity atau kekebalan kawanan.

Sebelum Presiden Jokowi divaksin, tentu usaha panjang dilakukan untuk mendapatkan pasokan vaksin setelah pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Ketika itu baru 1,2 juta dosis tahap awal vaksin yang datang dari Tiongkok. JAKARTA (XNews.id), Kamis (13/1) merangkum catatan perjalanan vaksinasi Covid-19 di Indonesia hingga kini program vaksinasi penguat atau booster sudah dimulai pada Rabu (12/1).

Awal Kedatangan Vaksin

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac tiba di Indonesia pada Minggu malam 6 Desember 2020. Sebelum vaksinasi digelar, vaksin Covid-19 tersebut mendapatkan Izin Penggunaan Darurat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sebanyak 1,2 juta vaksin itu merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis jenis SARS-COV-2 yang inaktivasi. BPOM secara ilmiah memberikan izin penggunaan darurat jika dipastikan vaksin itu aman dan efektif. MUI juga memastikan vaksin tersebut halal dan suci.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!