Dapat Teguran, YouTube Dituntut Lebih Sigap Perangi Informasi Palsu

Kontributor: -15 views

JAKARTA (XNews.id) – YouTube mendapatkan teguran. Lebih dari 80 organisasi pengecek fakta mendesak platform milik Google tersebut memerangi informasi palsu dengan lebih baik. Sebab, hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa YouTube merupakan salah satu kanal utama disinformasi dan misinformasi online di seluruh dunia.

”Kami mendesak agar ada tindakan efektif yang diambil terhadap disinformasi dan misinformasi serta melakukannya dengan organisasi pemeriksa fakta independen dan nonpartisan di dunia,” bunyi pernyataan bersama kelompok tersebut.

Mereka terdiri dari berbagai lembaga di seluruh dunia. Mulai Politifact dan Washington Post di AS hingga Africa Check yang berbasis di Kenya. Surat terbuka itu dikirimkan kepada CEO YouTube Susan Wojcicki.

Mereka memaparkan bahwa video yang berisi informasi palsu sejatinya berada di bawah radar kebijakan YouTube. Utamanya di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris. Jadi, seharusnya ada tindakan lebih agar konten-konten menyesatkan itu tidak terus diakses masyarakat. Pengalaman membuktikan bahwa menghapus konten berisi informasi palsu kurang efektif. Sebagai gantinya, bisa dengan memunculkan informasi pengecekan fakta di konten yang dicurigai.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!