IKN Baru Diharapkan Hilangkan Kesenjangan Ekonomi Nasional

Kontributor: -9 views

JAKARTA (XNews.id)–Guru Besar Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Jamaluddin Jompa menyebutkan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur berpotensi menghilangkan gap atau kesenjangan ekonomi di Indonesia.

”Saya merasa salah satu pemikiran kenapa Indonesia perlu memindahkan IKN supaya gap antara timur dan barat hilang. Ini salah satu cara untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi,” kata Jamaluddin Jompa seperti dilansir dari Antara.

Selama ini, menurut dia, aktivitas perekonomian sangat terfokus di wilayah Jawa. Sehingga, jika IKN dipindahkan ke Kalimantan Timur, kesenjangan ekonomi bisa teratasi terutama untuk wilayah timur, tengah, dan barat Indonesia.

Oleh sebab itu, Jamaluddin mengusulkan agar pemerintah memprioritaskan azas kesejahteraan dalam memindahkan IKN. Sehingga, kesenjangan ekonomi masyarakat Indonesia dapat teratasi.

”Semangat pemindahan IKN bukan hanya menyelesaikan masalah ABCD tapi juga kita mendorong kesejahteraan wilayah Indonesia timur dan tengah,” tegas Jamaluddin Jompa.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!