Jika Awalnya Divaksin Sinovac, Ini Booster yang Bakal Diterima

Kontributor: -7 views

JAKARTA (XNews.id) – Vaksinasi booster sudah mulai diberikan sejak Rabu (12/1) lepada dua kelompok prioritas yakni lansia dan mereka yang menderita gangguan imun atau immunocompromised. Pemberian vaksin dilakukan dengan cara homolog dan heterolog artinya bisa menerima vaksin yang sama dengan dosis 1 dan 2 atau vaksin berbeda. Jika semula sudah divaksin lengkap dengan Sinovac, lantas booster apa yang bisa diterima?

Dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (13/1), Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan penerima vaksinasi booster adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme homolog, dan heterolog.

Homolog yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!