Polri Selesaikan 11.811 Perkara Lewat Restorative Justice selama 2021

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Polri mencatat telah menyelesaikan 11.811 perkara melalui pendekatan restorative justice selama periode 2021. Jumlah tersebut meningkat 28,3 persen dibanding pada 2020 lalu sebesar 9.199 kasus.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penanganan kasus dengan restorative justice merupakan langkah untuk mengikuti dinamika perkembangan dunia hukum yang mulai bergeser dari positivisme ke progresif untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat. Dengan cara ini maka kasus tidak perlu sampai persidangan.

“Ke depan, kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, yang menyentuh keadilan masyarakat, semakin hari dapat diselesaikan dengan restorative justice,” kata Sigit kepada wartawan, Kamis (13/1).

Menurut dia, dalam mengimplementasikan program Presisi, Polri terus bergerak secara transparan dan berkeadilan dalam setiap penanganan perkara. Sehingga tujuan hukum dapat dirasakan oleh masyarakat luas dengan seadil-adilnya.

Dibagian lain, Polri memberikan pelayanan yang humanis kepada warga Indonesia tanpa terkecuali terhadap kelompok rentan dan disabilitas dengan menyediakan fasilitas penunjang bagi mereka.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!