Butuh Investasi Besar, IPO Bisa Jadi Opsi Pendanaan Pengembangan EBT

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Indonesia tengah berupaya meningkatkan penggunaan sumber daya energi baru dan terbarukan (EBT). Pemerintah pun telah memiliki peta jalan transisi energi yang tertuang dalam Grand Strategi Energi Nasional. Ditargetkan bauran energi lewat pengembangan EBT mencapai 23 persen pada 2025 dan mencapai 31 persen pada 2020.

Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan, salah satu yang paling mudah dikembangkan adalah penggunaan geothermal. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan dapat mengoptimalkan geothermal di kawasan yang dikelola sendiri. Saat ini, baru 9 persen wilayah geothermal yang berproduksi dengan kapasitas 1.900 mega watt (MW).

Untuk memaksimalkan potensi pengembangan Geothermal, lanjut Pahala, Kementerian BUMN menyiapkan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering/IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!