Herry Wirawan Dituntut Mati, ICJR Khawatir Timbul Masalah Baru

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Tindakan asusila yang dilakukan terdakwa Herry Wirawan yang memperkosa 13 santriwati memang patut disayangkan. Dia bahkan dituntut pidana mati dan kebiri kimia oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Institute for Criminal Justice Reforme (ICJR) tak memungkiri, mengutuk tindakan pelaku dan mengamini kemarahan publik. Tetapi jangan sampai pilihan pidana malah menghambat proses hukum dan fokus pada pemulihan korban kedepan.

“ICJR mengutuk perbuatan pelaku dan mengamini marahnya kita semua dengan kasus ini. Namun yang perlu terus ditekankan adalah kita semua untuk melihat apa yang menjadi akar permasalahan perkosaan dan kekerasan seksual,” kata peneliti ICJR Maidina Rahmawati dalam keterangannya, Jumat (14/1).

“Pendekatan semata-mata pada penghukuman seberat-beratnya justru hanya akan mengecohkan perhatian kita dari permasalahan sistemik dan mendasar mengapa terjadi kekerasan seksual,” ucap Maidina.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!