Implementasi Ekosistem IoT di Indonesia Bakal Penuh Tantangan

Kontributor: -9 views

JAKARTA (XNews.id) – Perangkat Internet of Things (IoT) makin banyak dicari masyarakat untuk memudahkan segala kebutuhan. Ekosistem sendiri juga mulai tumbuh seiring meningkatnya kualitas jaringan seluler dan internet di Tanah Air.

Di pasaran, pemain perangkat IoT selain dari merek-merek ternama yang merilis smartphone juga banyak diisi oleh nama-nama baru. Hal ini membuktikan bahwa potensi pasar IoT di dalam negeri masih cukup besar dan menggoda.

Meski demikian, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (Asioti), Teguh Prasetya menyebut, tetap ada tantangan dalam implementasi IoT di Tanah Air. Setidaknya, dia menyebut ada empat tantangan terkait implementasi IoT di Indonesia sebelum massif digunakan masyarakat secara luas.

“Pertama ialah soal literasi di kalangan executive level dan masyarakat umum mengenai IoT. Saat ini masih banyak yang menilai kalau perangkat IoT mahal dan hanya bisa dimiliki segelintir kalangan saja,” ujar Teguh di jumpa pers daring, Rabu (12/1).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!