Pembangunan IKN Momentum Bangkitkan Maritim Indonesia

Kontributor: -7 views

JAKARTA (XNews.id)–Guru Besar Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Jamaluddin Jompa menyatakan, pembangunan ibu kota negara (IKN) merupakan momentum untuk membangkitkan kemaritiman Indonesia.

”Ini momentum ayo bangkitkan kembali semangat kemaritiman yang direfleksikan ke pasal-pasal yang ada di RUU IKN,” kata Jamaluddin Jompa seperti dilansir dari Antara.

Menurut Jamaluddin, pengelolaan kemaritiman yang meliputi pesisir dan pulau-kecil dalam pembangunan IKN masih belum terlingkupi secara maksimal. Hal itu ditunjukkan pada pasal 6 ayat 2 yang menyebutkan bahwa wilayah laut yang dikembangkan melalui pembangunan IKN hanya sekitar 68 ribu hektare. Sedangkan wilayah darat seluas 256 ribu hektare.

Padahal menurut Jamaluddin Jompa, Teluk Balikpapan termasuk pesisir yang seharusnya bisa turut dikelola melalui pembangunan IKN baru. Dia berharap agar negara dapat hadir untuk memperbaiki kelautan Indonesia.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!