Usai Sepekan Banjir Melanda Jayapura, Warga Bersih-bersih Material

Kontributor: -9 views

JAKARTA (XNews.id) – Banjir yang melanda wilayah Kota Jayapura selama sepekan kini sudah surut. Warga pun mulai kembali ke rumah maisng-maisng dan membersihkan sisa material yang terbawa banjir.

“Selain melakukan pembersihan material, rencana pembangunan tanggul darurat pada kali di samping perumahan SMAN 4 Jayapura juga sedang dilaksanakan. Tanggul ini diharapkan dapat menahan apabila debit air meningkat dan mengantisipasi adanya banjir susulan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Kamis (13/1).

BPBD Kota Jayapura bersama tim gabungan meliputi BPBD Provinsi/Kabupaten Jayapura, TNI-Polri, Dinsos, Dinkes, Pol PP, PU, dan Organisasi Perangkat Daerah lainnya melakukan pembersihan jalan dari lumpur dan material. Diharapkan area pascabanjir sudah bersih minggu ini, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali.

Sementara itu dalam upaya pemenuhan logistik dan peralatan, BNPB juga telah mengirimkan bantuan antara lain Perahu Polyethylene 2 Unit, Mesin Perahu 3.6 PK 2 Unit, Alat Komunikasi/Handy Talk 10 Unit. Lebih lanjut, Tenda Pengungsi 2 set, Makanan Siap Saji 135 Paket, Lauk Pauk 163 Paket, Makanan Tambahan Gizi 1.000 Paket, Kasur Lipat Florence 11 Unit, Popok Bayi 200 Pcs dan Matras 85 Lembar. Tim BNPB hingga saat ini juga masih berada dilokasi untuk terus memberikan pendampingan dalam upaya percepatan penanganan pascabanjir.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!