1 Pasien Covid-19 Varian Omicron di Surabaya Sudah Pulang

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya dinyatakan bebas dari kasus Covid-19 varian Omicron. Hal itu dipastikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono.

“Satu orang pasien Covid-19 varian Omicron sudah pulang kemarin,” kata Erwin, Sabtu (15/1).

Pasien yang sempat berlibur ke Bali itu dinyatakan sembuh setelah swab PCR kedua menunjukkan hasil negatif. Artinya, pasien sembuh dari Covid-19 berdasarkan 2 kali tes. “Sudah negatif sejak Rabu,” kata dia.

Ditanya soal hasil whole genome sequencing (WGS) yang kedua, Erwin mengatakan bahwa hasilnya belum keluar. WGS merupakan sistem untuk mengetahui nilai CT atau CT Value pasien.

Sistem WGS juga dilakukan ketika menemukan varian Delta tahun lalu. Makin rendah nilai CT pasien, maka virus makin Infeksius. “Kriteria selesai isolasi adalah tidak ada gejala dan sudah negatif dua kali,” kata dia.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!