KSAL Resmikan Monumen Kapal Selam KRI Nanggala-402 di Surabaya

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan monumen kapal selam KRI Nanggala-402 di lingkungan Markas Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Sabtu (15/1).

“Hari ini bertepatan dengan peringatan hari Dharma Samudera, kami resmikan Monumen KRI Nanggala-402,” katanya di sela peresmian.

Kapal selam TNI AL itu dinyatakan tenggelam pada 24 April 2021 saat bertugas di Laut Bali, setelah sempat dinyatakan hilang kontak sejak tiga hari sebelumnya. Sebanyak 53 awak kapal selam KRI Nanggala gugur dan telah ditetapkan sebagai Pahlawan Bangsa. ’’Mereka tetap dalam status tugas patroli dalam keabadian atau on eternal patrol,” ucap KSAL.

Replika bangunan KRI Nanggala-402 didirikan dengan perbandingan 1:1 di lingkungan Markas Koarmada II Surabaya.

Di dalamnya menggambarkan sejarah pengabdian KRI Nanggala-402 selama bertugas menjaga wilayah laut negara kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya, kata Kasal, monumen akan dibuka untuk masyarakat umum sebagai destinasi wisata sejarah kemaritiman dan wahana pembentukan karakter sebagai bangsa bahari.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!