Surabaya Butuh Transportasi Massal, Anggaran & Investasi Jadi Kendala

Kontributor: -6 views

JAKARTA (XNews.id) – Kebutuhan angkutan transportasi massal dalam kota kembali mengemuka. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, volume kendaraan di Surabaya terus meningkat. Saat ini volume kendaraan hampir mendekati normal selama pandemi Covid-19 mereda.

Salah satu yang menjadi alternatif adalah angkutan berbasis rel. Misalnya, trem, monorel, atau lintas rel terpadu (LRT). Sistem kereta api penumpang itu, selain menghubungkan dalam kota, juga diharapkan bisa menghubungkan Surabaya dengan kota-kota penyangga. Mulai Sidoarjo, Gresik, hingga Mojokerto. Sistem transportasi massal itu pernah muncul ketika wali kota Surabaya masih dijabat Bambang D.H. hingga Tri Rismaharini.

Pengamat transportasi ITS Hera Widyastuti menyampaikan, Surabaya sudah seharusnya mempunyai transportasi massal. Itu seiring dengan tingginya volume kendaraan. Namun, menurut dia, mewujudkan transportasi berbasis rel tentu tidak mudah. ”Salah satunya karena investasinya sangat tinggi,’’ papar Hera.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!