Woro-woro Metaverse, Bagaimana Peluang Keterlibatan Indonesia?

Kontributor: -34 views

JAKARTA (XNews.id) – Belakangan ini nama Metaverse sedang banyak dibicarakan. Nama tersebut booming setelah Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse. Dengan nama baru ini, Facebook ingin menciptakan dunia virtual yang menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality melalui kehadiran Metaverse.

Lalu, bagaimana peluang Indonesia terlibat dalam pengembangan dunia digital yang diklaim akan membawa pengalaman yang sepenuhnya baru itu?  Indonesia dikatakan berpeluang besar dalam pengembangan Metaverse dunia karena memiliki keunggulan nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal.

Salah satu peluang untuk menampilkan peran tersebut yaitu dalam ajang Presidensi G20 Indonesia 2022. Oleh kartena itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong kolaborasi multipihak dalam merintis dan mewujudkan Metaverse versi Indonesia agar memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia di era digital.

“Metaverse Indonesia telah mulai terbentuk dari sektor yang ekosistem user-nya paling adaptif untuk mengadopsi inovasi digital. Hal ini pun akan terus berevolusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” ungkap Menkominfo Johnny G. Plate di Jakarta Pusat, Jumat (14/01).

Dia melanjutkan, tentunya perkembangan ini menggunakan sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia, serta melibatkan berbagai perusahaan yang telah berfokus untuk mengembangkannya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!