Wamentan Dampingi Wapres Tanam Jagung dan Kedelai di Purwakarta

oleh -114 Dilihat
Wamentan Dampingi Wapres Tanam Jagung dan Kedelai di Purwakarta (Foto : Ist)

PURWAKARTA, (XNews.id) – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin meninjau lokasi penanaman jagung dan kedelai di lahan seluas 52 hektar milik Perum Perhutani di desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Senin (28/3).

Dengan didampingi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Wapres juga turut melakukan penanaman jagung hibrida varietas Pioner P35 yang merupakan jenis jagung dengan ketahanan genetis alami terhadap penyakit bulai yang dapat menghemat biaya produksi, serta menanam benih kedelai varietas Anjasmoro.

“Ini merupakan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat melalui penanaman jagung dan kedelai. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa kita kekurangan jagung dan kedelai dan masih mengimpor,” kata Wapres kepada awak media.

Wapres menyatakan bahwa pemerintah saat ini terus membangun ekosistem pertanian. Nantinya, masyarakat yang kesulitan pembiayaan maupun pemasaran akan dibantu oleh offtaker dan ditopang oleh digitalisasi.

Pada kesempatan itu, Wapres juga turut meluncurkan aplikasi Lapak Abah-Ojek Desa (Jekdes) dan Santri Digitalpreneur.