Di Candi Penataran Blitar, Air Bau Belerang Pertanda Kelud Mau Erupsi

Kontributor: -6 views

Keindahan kompleks Candi Penataran memikat banyak orang. Apalagi saat cuaca cerah. Gunung Kelud yang berada di sebelah utara terlihat jelas. Candi Penataran menyimpan banyak kisah. Termasuk cerita mistis yang dipercaya warga sekitar.

CANDI Penataran berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Dua arca Dwarapala seolah menyambut siapa saja yang masuk. Berada di dalam kompleks seluas 13.000 meter persegi, Candi Penataran memiliki empat bagian. Yakni, pendapa teras, candi angka tahun, Candi Naga, dan candi induk.

Salah satu candi termegah dan terluas di Jatim itu digunakan tiga kerajaan dalam rentang waktu yang berbeda. Candi Penataran dibangun oleh Kerajaan Kediri. Tepatnya saat pemerintahan Raja Srengga (1190–1200) atau sekitar abad ke-12. Kemudian, pada 1286, dibangun Candi Naga di kompleks Candi Penataran oleh penguasa terakhir Singasari, yakni Raja Kertanegara.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!