India Tutup Keran Ekspor Gandum, Saatnya Cari Alternatif Substitusinya

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – India telah menerapkan pelarangan ekspor gandum guna memenuhi kebutuhan pangan domestik tetap terjaga. Sebab, konflik geopolitik yang terjadi saat ini serta gelombang panas di India membuat ketahanan pangan tidak tercapai.

Indonesia sebagai salah satu negara pengimpor gandum pun kena getahnya. Meskipun begitu, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyampaikan bahwa kondisi ini harus dimanfaatkan.

“Kebijakan ini juga menjadi kesempatan bagi bahan baku alternatif untuk dapat dimanfaatkan selain gandum, seperti tepung jagung, singkong, hingga sorgum yang banyak ditemukan di Indonesia,” terang dia kepada JAKARTA (XNews.id), Minggu (15/5).

Adapun, pelarangan ekspor gandum yang belum diketahui sampai kapan waktunya ini juga membuat kekurangan pasokan menjadi ancaman serius. Perang Ukraina-Rusia telah membuat stok gandum turun signifikan. Ditambah dengan kebijakan India tentu berimbas signifikan ke keberlanjutan usaha yang butuh gandum.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!