Muncul Hepatitis Misterius, Riset Buktikan Covid-19 Bisa Merusak Hati

Kontributor: -7 views

JAKARTA (XNews.id) – Sejak awal Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi, sejumlah ahli menegaskan penyakit ini bukan hanya penyakit pernapasan. Penyakit ini juga dapat menyerang organ lain, salah satunya pencernaan.

Para ahli saat awal pandemi juga menyebutkan Covid-19 dapat menyerang berbagai organ tubuh lainnya. Riset membuktikan bahwa Covid-19 juga dapat menyerang organ hati.

Munculnya kasus hepatitis akut misterius pada anak-anak sebagai pasien dominan membuat organ hati mereka rusak. Para ahli masih meneliti penyebabnya.

Ada yang mengatakan ini disebabkan oleh Adenovirus atau virus penyebab diare biasa. Ada juga yang mengaitkannya dengan Covid-19.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menilai hepatitis misterius merupakan dampak dari Long Covid atau bagian dari pandemi. Ia menilai anak-anak yang paling rentan terserang hepatitis misterius menjadi bukti bahwa kelompok ini memang rentan karena belum divaksinasi.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!