Dishub Makassar Dukung Larangan Sepeda Listrik di Jalan Raya

oleh -58 Dilihat

JAKARTA (XNews.id)–Dinas Perhubungan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mendukung penuh aturan Satuan Lalu Lintas Polresta Makassar terkait pelarangan operasional sepeda listrik di jalan raya. Saat ini kendaraan ramah lingkungan itu marak dipakai orang dewasa maupun anak-anak tanpa sertifikasi keselamatan.

”Saya mendukung itu. Seharusnya para penyedia (distributor) itu menyampaikan kalau barang yang dijual khusus (sepeda listrik) tidak boleh berjalan di jalan raya karena bisa membahayakan bagi pengguna jalan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Makassar Iman Hud seperti dilansir dari Antara di Makassar.

Dia menjelaskan, untuk kendaraan bermotor ada aturannya. Seperti pengaturan kecepatan, uji kelaikan, serta konstruksi kelengkapan yang sudah diatur pemerintah.

”Begitu juga sepeda listrik, ada aturan penggunaan pemakaiannya di wilayah tertentu, bukan di jalan raya. Aturan berkendara motor itu wajib pakai helm. Apalagi, kendaraan sepeda listrik ini, melaju di jalan umum, banyak kendaraan yang lewat, ada truk dan lainnya, ini kan berbahaya. Contohnya, mobil golf, itu khusus dipakai di lapangan, karena bicara soal keselamatan,” papar Iman Hud.