Jokowi Ungkap Tiga Fondasi Indonesia untuk Bisa Bersaing di Masa Depan

Kontributor: -8 views

JAKARTA (XNews.id) – Presiden Joko Widodo mengatakan kekuatan ekonomi satu negara saat ini tidak dilihat dari besarnya negara, atau pada kekayaan negara tersebut. Namun, kekuatan itu ada pada daya saing satu negara dengan negara lain.

Hal ini terlihat dengan runtuhnya ekonomi negara-negara besar di Eropa dan Amerika Serikat (AS), yang sudah dipastikan mengalami resesi ekonomi. Kehancuran ekonomi negara-negara besar ini berkaitan erat dengan perubahan geopolitik internasional akibat perang yang berujung pada hancurnya ekonomi negara-negara tersebut.

“Di masa depan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, negara kaya mengalahkan negara miskin, tetapi negara cepat mengalahkan negara yang lambat,” kata Jokowi seperti dilansir dari laman twitter pribadinya pada Sabtu (6/8).

Jokowi menjelaskan, setidaknya terdapat tiga fondasi untuk Indonesia agar bisa bersaing di masa depan dan terhindar dari resesi atau krisis ekonomi disaat negara lain menuju kebangkrutan. Ketiga fondasi tersebut yakni infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi.

“Tiga fondasi Indonesia untuk bersaing di masa depan itu: infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi,” ujar Jokowi.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!