Paylater Diharamkan MUI Jatim karena Riba

Kontributor: -10 views

JAKARTA (XNews.id)–Pasca ijtima ulama yang pada akhir Juli, paylater resmi diharamkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur. Jumat (5/8), MUI Jatim menjelaskan bahwa paylater sebenarnya tidak diharamkan bila memenuhi beberapa hal.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jawa Timur KH Sholihin Hasan menjelaskan, paylater merupakan layanan kredit digital. Bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa secara kredit di berbagai merchant yang sudah melakukan kerja sama.

”Kami tidak mempermasalahkan paylater sebagai metode tapi yang dibahas adalah akad yang digunakan,” ungkap KH Sholihin Hasan, Jumat (5/8).

Menurut dia, ada beberapa ketentuan hukum yang berlaku. Antara lain memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam transaksi pinjam meminjam. Prinsip itu merupakan sesuatu yang positif, selama tidak bertentangan dengan tujuan dasar dalam akad pinjaman.

”Yaitu menolong sesama dan tidak menyalahi prinsip-prinsip syariah. Artinya kita tidak alergi terkait perkembangan teknologi namun kita menekankan paylater sebagai metode sah tapi akad yang digunakan harus sesuai dengan syariah,” ujar KH Sholihin Hasan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!