Perjalanan Kasus Roy Suryo, Jadi Tersangka, Ikut Touring dan Ditahan

Kontributor: -10 views

JAKARTA (XNews.id) – Beredarnya meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi petaka tersendiri bagi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo. Pasalnya, akibat kasus tersebut, dia harus berurusan dengan hukum.

Beredarnya meme ini menjadi sorotan warganet beberapa waktu lalu. Roy Suryo yang memang dikenal aktif membuat unggahan di media sosial turut serta menyebarkan meme tersebut dengan cara mengunggahnya di akun twitternya.

Meme ini menjadi polemik karena dianggap menghina simbol negara yakni Presiden. Selain itu, juga dianggap merendahkan candi Borobudur sebagai simbol agama Buddha.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, aparat sudah turun tangan untuk mengusut kasus ini. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim tengah melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang terlibat.

“Sedang didalami dan profiling oleh Direktorat Tindak Pidana Siber,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (14/6).

Setelah penyelidikan berjalan, penyidik pun menemukan unsur pidana kasus tersebut. Selanjutnya kasus dinaikan ke tahap penyidikan. Tak lama dari itu, Roy Suryo resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!