Ikan dan Sungai di Kalsel Mengandung Mikroplastik

oleh -240 Dilihat

JAKARTA (XNews.id)–Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) berkolaborasi dengan Perkumpulan Telapak Badan Teritori Kalimantan Selatan, temukan 10 spesies ikan yang jadi konsumsi masyarakat mengandung mikroplastik. Temuan itu diketahui saat ekspedisi Sungai Kota Banjarmasin pada 26 Agustus hingga 1 September.

Peneliti dari ESN Prigi Arisandi mengatakan ekspedisi di Banjarmasin itu menyusuri Sungai Kuin, Sungai Martapura, dan Sungai Barito. Ketiga sungai itu adalah daerah aliran sungai (DAS) Barito yang masuk dalam sungai nasional, hilirnya ada di Kalsel dan hulunya sampai ke Kalimantan Tengah.

”Dengan menggunakan perahu klotok, kami menyusuri sungai dengan melakukan uji kualitas air, uji mikroplastik, dan pemetaan timbulan sampah di sungai,” ujar Prigi Arisandi seperti dilansir dari Antara.

Berdasar laporan ekspedisi, 10 ikan yang diuji kadar kandungan mikroplastik yaitu Patung, Seluang, Tambubuk, Lompok, Lais, Nila, Puyau, Sisili, Hadungan, dan Sanggiringan. Dari 10 spesies itu, ikan Lais menjadi urutan nomor satu karena mengandung mikroplastik sebanyak 135 partikel. Sedangkan yang paling sedikit ikan Saluang yaitu 18 partikel mikroplastik.