Sulit Perpanjang Sertifikat HGB, Warga Jogjakarta Ngadu ke DPRD

oleh -129 Dilihat

JAKARTA (XNews.id)–Sebanyak 19 warga Jogjakarta yang tergabung dalam Forum Peduli Tanah DIY demi NKRI mendatangi DPRD Kota Jogjakarta. Mereka mengadukan kesulitan memperpanjang sertifikat hak guna bangunan (HGB) dan kekhawatiran kehilangan tanah yang selama ini ditempati.

”Seharusnya, tidak perlu ada kesulitan untuk memperpanjang sertifikat hak guna bangunan (HGB) karena yang kami tempati adalah tanah negara,” kata Ketua Umum Forum Peduli Tanah DIY demi NKRI (ForpetaNKRI) Siput Lokasari saat audiensi dengan DPRD Kota Jogjakarta seperti dilansir dari Antara di Yogyakarta, Senin (5/9).

Menurut dia, kesulitan untuk memperpanjang sertifikat HGB tersebut memicu keresahan masyarakat. Sebab, ada beberapa isu dan kasus yang membuat masyarakat justru kehilangan sertifikat HGB yang selama ini mereka miliki.

Salah satu kasus dialami warga Kecamatan Gedongtengen, kehilangan sertifikat HGB karena saat ini tanah yang ditempati justru berubah menjadi tanah kesultanan. ”Seharusnya, perpanjangan sertifikat HGB untuk tanah negara harus mengacu pada Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA),” ujar Siput Lokasari.