Jadikan Shoppable Live Stream Tren Baru Belanja Online di Indonesia, TikTok Shop Raih Rekor MURI 

oleh -95 views
oleh

Jakarta(Xnews.id)-Platform e-commerce yang terintegrasi penuh dengan TikTok, TikTok Shop terus mengusung konsep Shoppertainment (entertainment-first, commerce second) dan telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam online shopping agar penjual dan merchant dapat berinteraksi dengan audiens mereka dengan cara yang menghibur tanpa meninggalkan aplikasi TikTok. Dengan maraknya brand dan merchant yang telah menggunakan fitur ini di festival belanja 10.10 lalu, TikTok Shop telah berhasil memecahkan dua (2) rekor MURI. Kini, merchants berbagai skala, termasuk UMKM, memiliki ragam cara kreatif untuk menarik calon pelanggan baru dan mengembangkan bisnisnya.

“Sesuai dengan konsep shoppertainment, TikTok Shop menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur terlebih dulu, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek. Saat ini, TikTok Shop telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam belanja online, karena lewat fitur ini penjual dan pembeli bisa berinteraksi dua arah. Untuk brand dan merchant kategori fashion, misalnya, pengguna bisa langsung bertanya seputar bahan dan ukuran suatu produk dan dapat langsung dijawab oleh merchant. Hal ini menjadikan sesi live stream lebih informatif dan dan tidak berjarak dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan peluang penjualan,” ujar Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia. 

Kegiatan shoppable live stream ini telah menjadi alternatif dalam perdagangan modern, baik di Asia Tenggara dan di Indonesia. Berdasarkan Studi SEA Ahead Wave 5 yang dihimpun oleh perusahaan riset Ipsos, terdapat 69% konsumen di Asia Tenggara yang telah mengakses fitur shoppable live stream, dan 66% telah konsumen membeli produk menggunakan fitur ini. Di pasar Indonesia, sebanyak 78% konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui tentang alternatif belanja melalui fitur shoppable live stream, di mana 71% di antaranya telah mencobanya dan 56% telah membeli produk melalui fitur ini.