FGD Magister Ilmu Hukum Universitas Pancasila, Bahas Hukum Ekonomi Indonesia Harus Kembali ke Pancasila dan UUD 1945 asli

oleh -3567 Dilihat

Jakarta, (XNews.id) – Senator DPD RI Fachrul Razi menjadi salahsatu Pemateri dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan format Seminar Kelas diselenggarakan oleh mahasiswa angkatan 42 Magister Ilmu Hukum Universitas Pancasila, dengan tema “Visi dan Pembaharuan Sistem Ekonomi Berbasiskan Pancasila : Tinjauan Teori Hukum Pembangunan”.

Dalam pemaparannya Senator Fachrul Razi mengatakan, adanya praktek ekonomi liberal dan kapitalis tidak terlepas bahwa kebijakan menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945 yang asli. “Negara kita adalah negara Pancasila yang dicetus oleh pendiri founding father tapi kebijakan ekonomi menyimpang dari ekonomi Pancasila. Bahkan penambahan pasal 33 ayat 4 dan 5 menyebabkan sistem ekonomi keluar dari filsafat Pancasila, tegas Fachrul Razi.

Menurut Fachrul Razi yang juga ketua Komite I DPD RI 2019-2022, Hukum dalam arti kaidah atau peraturan hukum memang dapat berfungsi sebagai alat pengatur atau sarana pembangunan dalam arti penyalur arah kegiatan manusia yang dikehendaki ke arah pembaharuan.