Hati-hati Mengonsumsi Sederet Makanan ini Dapat Memicu Kecemasan

oleh -192 Dilihat

2. Diet Soda

Diet soda merupakan jenis minuman ringan yang terdiri dari campuran air berkarbonasi, mengandung pemanis buatan, perasa dan tambahan minuman lainnya. Diet soda memang sangat menyegarkan diminum saat musim panas, namun dibaliknya ada masalah kesehatan yang lebih besar.

Menurut Dr. Jacques Jospitre, Jr. , psikiater bersertifikat dan salah satu pendiri SohoMD, soda tinggi gula memang tidak bagus untuk kesehatan, namun sebenarnya diet soda justru lebih buruk dari itu.

Minuman ini banyak mengandung fenilalanin yang merupakan bahan kimia tambahan yang terkenal mengacaukan neurokimia otak dengan menghentikan produksi serotonin dan dopamin, yang mana dua hormon tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun suasana hati yang baik.

3. Alkohol

Alkohol adalah depresan dan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang negatif. Biasanya, perasaan yang timbul setelah meminum minuman ini seperti muncul rasa cemas.

Danielle Tucci seorang konselor profesional berlisensi dan pendiri Live Better Therapy Solutions, mengatakan “Ini mengacu pada periode di mana tubuh Anda pulih dari mabuk dan hormon stres, kortisol, meningkat.”

4. Makanan Instan

Aura De Los Santos, seorang psikolog klinis dan pendidikan, mengatakan bahwa ketika dirinya makan makanan olahan tertentu, setelahnya dapat menimbulkan lonjakan kecemasan.

“Saya sulit berkonsentrasi, suasana hati saya berubah, dan saya tidak merasa tenang. Perut kembung, sangat tidak nyaman dan ini berdampak negatif pada kesehatan mental saya,” ujarnya setelah sarapan dengan panekuk instan yang ia beli di supermarket.

Makanan instan dapat mengubah bakteri di usus. Bakteri ini berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh kita, yang akhirnya menyebabkan peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan kembung dan depresi, seperti yang dikatakan oleh De Los Santos.