Ketum ASENSI Sebut Pertumbuhan Bisnis Lisensi dan Franchise Alami Peningkatan

oleh -135 Dilihat

XNEWS.ID – Lisensi dan Franchise dinilai sebagai solusi yang tepat bagi para pengusaha dalam mengawali bisnis atau berwirausaha, dimana tren pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise meningkat tahun ini seiring naiknya permintaan dan respons masyarakat. Pelaku usaha lisensi dan franchise, khususnya lisensi merek dan produk lokal, serta para UMKM kembali bersemangat untuk mengembangkan atau melebarkan gerai kemitraannya.

Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) resmi digelar hari ini 11 Oktober 2023 sampai 14 Oktober 2023 di Ji Expo Kemayoran Jakarta. Calon pebisnis dan calon investor dapat mengunjungi stand-stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis lisensi maupun franchise yang akan dijalani.

Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan bahwa pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu.

Ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar, kata Susanty dalam sambutannya.

Dengan pameran ini, Ia mengajak masyarakat dan para pelaku untuk bangkit bersama dan turut berpartisipasi serta berinvestasi dalam bisnis licensing atau lisensi, franchise atau waralaba juga berbagai peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia.

Kami juga mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi atau licensing seperti IP atau Intellectual Property, franchise atau waralaba merek lokal dan international untuk terus dapat tumbuh dan berkembang, tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global, ungkap Susanty.