Soal Suntik Mati PLTU, DPR: Jangan Gegabah, Harus Ada Kajian Komprehensif

oleh -114 Dilihat

XNEWS.ID -:Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Demokrat, Sartono Hutomo meminta pemerintah untuk tidak terburu-buru menyuntik mati PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) dengan mengunakan dana APBN di saat keuangan negara sedang kembang-kempis.

Ditegaskan Sartono, wacana tersebut harus dipikirkan secara matang dan menyeluruh dalam membuat kebijakan suntik mati PLTU ini.

Harus dengan kajian komprehensif. Jangan gegabah karena dana yang diperlukan sangat banyak, harus ada skala prioritas dalam menerapkan kebijakan, kata Sartono, Senin (30/10/23).

Ditengah kondisi seperti saat ini, dimana kebutuhan pangan sedang melonjak tinggi, pupuk naik, BBM, bahkan minyak dunia juga sedang naik, sudah semestinya APBN diprioritaskan untuk kepentingan rakyat. Yang artinya APBN harus hadir dalam membantu ekonomi rakyat, ujar dia.

Sartono menjelaskan, menyuntik mati PLTU berarti mematikan aset produktif pembangkit listrik. Oleh karena itu harus ada biaya kompensasinya. Harus dihitung ulang jangan sampai hanya tambah membebani, ungkap Sartono.