Gelar Hari Santri Nasional Ke 9 Pemkab Aceh Selatan, Jihad Santri Jayakan Negeri

oleh -210 Dilihat

Penetapan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap bulan oktober, merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi Fatwa kewajiban berjihad demi memperthankan Kemerdekaan Indonesia, pada masa perjuangan kemerdekaan dahulu ungkapnya.

Sementara sebelumnya Dinas Pendidikan Dayah telah melaksanakan lomba seni Kaligrafi dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Hari Santri Nasional ke 9 tahun 2023 Kabupaten Aceh Selatan kata Plt Kadis Pendidikan Dayah, Kahar Muzakar melalui Kabid Santri Ismail kepada wartawan.

Adapun pemenang juara lomba Baca Kitab Kuning bedasarkan keputusan dewan juri lomba baca dan lomba seni kaligrafi tanggal 29 oktober 2023 yaitu: Maulizar juara 1 lomba baca kitab kuning dari Dayah Darussalam Al-Waliyah dari Kecamatan Labuhan Haji Barat, Rafi Bintang juara 2 lomba baca kitab kuning dari Dayah Darul Ihsan Al-Waliyah dari Kecamatan Labuhan Haji, sedangkan Yusra juara 3 lomba baca kita kuning dari Dayah Darul Wustha dari Kecamatan Labuhan Haji Barat.

Sedangkan juara lomba seni kaligrafi juara 1 diraih oleh Sepri Hardiansyah dari Dayah Darul Quran Kecamatan Labuhan Haji, juara 2 diraih oleh Zakaria Al-Ansari dari Dayah Darulilham Kecamatan Labuhan Haji dan juara 3 diraih oleh Karima Lisani Ajria Aziz dari Dayah Raudhatul Jannah Al-Aziziyah dari Kecamatan Kluet Timur, keputusan tersebut dibacakan oleh koordinator dewan juri Tgk Muhibbit Thibri. (Asmar Endi)