XNews.ID – Emosi negatif ini tentu bermacam-macam. Ada emosi sedih, takut, marah, cemas, dan lain-lain. Karena besarnya emosi yang muncul, tak jarang kamu pun merasa kesulitan untuk mengendalikannya sehingga ada kemungkinan besar emosimu itu bisa meledak di tempat kamu bekerja.
Dikutip dari Golife, pada Sabtu (18/11/2023), sebagai seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman sampai bisa berada di titik menjadi seorang karyawan atau atasan mungkin, kamu sudah seharusnya memiliki pengendalian emosi yang baik. Untuk menjaga emosimu agar tetap terkendali di lingkungan kerja, kamu bisa mengatasinya dengan 7 cara ini:
1. Pahami Apa yang Menyebabkan Emosimu Memuncak
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui penyebab emosimu memuncak. Apakah karena rekan kerjamu yang membuat masalah denganmu, pekerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya, atau karena atasanmu yang selalu memberikan tekanan besar kepadamu?
Setelah kamu mengetahui hal apa saja yang membuat emosimu memuncak, kamu bisa mencoba menghindari hal tersebut. Tapi jika memang hal tersebut tidak mungkin bisa kamu hindari, setidaknya kamu bisa belajar untuk dapat menghadapinya dengan tenang jika dihadapkan dengan masalah yang serupa.
2. Jangan Terlalu Baperan
Jangan terlalu terbawa perasaan saat ada orang yang menurutmu judes atau tidak memberimu perhatian saat kamu butuh respon darinya. Entah itu adalah rekan kerjamu, klienmu, atau atasanmu.
Kamu tidak pernah tahu masalah apa yang sedang mereka hadapi. Mungkin saja ada hal yang membuat emosinya kurang baik dan akhirnya kamu pun terkena imbasnya karena pada saat itu kamulah orang yang berada di dekatnya.