Diluncurkan Layanan Domain .ID untuk Web3, Sekaligus Untuk Web2

oleh -223 Dilihat

XNEWS.ID – Perusahaan Internet Service Provider generasi awal di Indonesia asal Bandung, Melsa ISP, melalui salah satu unit usahanya bidang pengelolaan nama domain internet (Name Management) bekerja sama dengan AllDomains, meluncurkan layanan baru yang memungkinkan pengguna internet melakukan pendaftaran domain .ID untuk Web3 dan Web2 secara bersamaan.

Sebagaimana sıfat dasarnya selama ini, bahwa alamat domain internet berekstensi .ID digunakan sebagai salah satu alternatif alamat internet generasi web2. Maka tujuan dibangunnya layanan ini, salah satunya adalah untuk mempermudah pengguna demi menggunakannya sebagai alamat wallet blockchain alfanumerik dengan nama yang mudah dibaca dan diingat, mengurangi risiko mengirim dana ke alamat yang salah dan membuat Web3 lebih mudah diakses oleh semua orang. Layanan yang tersedia di https://alldomains.id, adalah portal kolaboratif antara Melsa ISP dan pengembang blockchain, diluncurkan pada platform blockchain Solana karena kemampuannya memproses ribuan transaksi per detik dan gas fee yang sangat murah dibandingkan dengan platform blockchain lainya.

Heru Nugroho, Chief Commercial Officer (CCO) Melsa ISP, menyatakan bahwa layanan ini merupakan komitmen dari Melsa Group dalam upayanya untuk ikut serta mengembangkan industri internet di Indonesia dan mendukung pertumbuhan nama domain internet berekstensi .ID, serta selalu berupaya untuk mengadopsi teknologi baru. Dengan domain .id yang terdaftar melalui https://alldomains.id, pengguna tidak hanya dapat mengirim dan menerima kripto secepat mengirim email tetapi juga menetapkan identitas mereka di Web3.

Heru menambahkan, Pengembangan teknologi blockchain, khususnya dalam industri nama domain, telah berlangsung selama beberapa tahun. Name Management selaku salah satu Registrar terakreditasi PANDI (Registri .ID), merasa perlu untuk merealisasikan layanan ini untuk domain .ID karena keterkaitan erat teknologi blockchain dengan identitas digital. Ekstensi domain .ID diyakini akan menjadi favorit dalam industri domain Web3.