Hipnosis Merupakan Ilmu Kesehatan

oleh -72 Dilihat

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP, C.MTH *)

XNEWS.ID – hypnosis adalah metode untuk memberdayakan program pikiran di alam/pikiran bawah sadar manusia. Sedangkan hypnotist adalah orang yang menggunakan keilmuan tersebut. Pada dasarnya pikiran manusia dibagi menjadi dua yaitu pikiran bawah sadar dan pikiran sadar.

Anda mungkin lebih sering mendengar istilah hipnotis. Keduanya memiliki arti yang berbeda meski merujuk pada hal yang sama. Jika hipnosis adalah teknik terapi, hipnotis adalah aksi yang dilakukan oleh ahli pada teknik terapi tersebut.

Mengungkapkan bahwa hipnosis merupakan fenomena keseharian, termasuk dalam ilmu kesehatan. Dalam ilmu kesehatan, hipnosis pun dikenal sebagai bagian dari behavioral medicine. Melalui hipnosis, dokter atau hipnoterapis bisa membantu mengatasi stres dan luka batin yang menjadi pemicu munculnya gangguan psikosomatik pada pasien.

Hipnosis adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory). Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek disebut penghipnosis atau ahli hipnosis atau pakar hipnosis.

Manfaat hipnosis memang dinilai efektif dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan tertentu. Namun, perlu diingat, tidak semua orang cocok untuk menjalaninya.

Hypnosis adalah penguasaan pikiran. Orang yang dihipnotis sadar dan mengendalikan dirinya, hipnosis tidak bisa dilakukan apabila subjek menolak.

Standar minimal yang mereka tetapkan adalah 100 jam tatap muka.

Bahkan ada pakar yang baru memberikan sertifikasi setelah peserta pelatihannya menyelesaikan 150 jam pelatihan intensif. Apakah seseorang bisa dihipnotis secara permanen? –

Tidak. Hipnotis tidak bisa membuat seseorang melakukan sesuatu yang tidak mungkin atau melanggar norma-norma moral. Hipnotis tidak bisa membuat seseorang melakukan sesuatu secara permanen.

Sementara, orang yang mudah dihipnotis memiliki area otak aktif yang lebih besar di bagian kontrol eksekutif dan bagian yang berperan dalam memusatkan perhatian.

Jadi dengan kata lain, orang yang lebih mudah berkonsentrasi pada satu hal dalam satu waktu justru cenderung lebih mudah teripnotis.

Dalam keadaan terhipnotis, terjadi penurunan aktivitas di area otak yang disebut dorsal Anterior cingulate cortex (ACC).