Ini Dia Cara Merawat Bayi Newborn

oleh -156 Dilihat
Ilustrasi. (Foto: Klikdokter)

XNews.ID – Banyak orang tua hawatir dengan berbagai permasalahan kulit pada bayi. Sehingga tidak heran banyak sekali orang tua yang menggunakan sabun antiseptik. Padahal belum tentu sang buah hati terlindungi. Karena setiap kulit bayi memiliki kesesuaian produk yang berbeda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat bayi dengan benar. Berikut adalah beberapa panduan tentang cara merawat bayi newborn agar Anda tidak salah langkah dalam menangani si kecil ini.

1. Jaga Kebersihan dan Keamanan Bayi

Kebersihan dan keamanan bayi merupakan aspek penting saat merawat bayi baru lahir. Memastikan tangan Anda selalu bersih sebelum menyentuh bayi adalah langkah pertama untuk mencegah paparan kuman dan virus yang dapat membahayakan bayi berdaya tahan tubuh lemah.

Saat menggendong bayi, perlu berhati-hati terutama pada bagian kepala dan leher untuk menghindari cedera pada bayi.

Hindari menguncang bayi karena tindakan ini dapat menyebabkan dampak serius seperti pendarahan di otak yang dapat membahayakan kesehatan bayi secara keseluruhan.

2. Menyusui

Bayi umumnya perlu disusui sebanyak 8–15 kali dalam sehari. Pastikan bahwa proses menyusui dilakukan sesering mungkin tanpa harus menunggu bayi menangis, karena bayi cenderung lebih sulit menelan susu saat menangis.

Posisi menyusui, perlekatan puting, dan durasi pada setiap payudara perlu diperiksa secara teliti untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup.

Cukup bersabar jika terdapat kesulitan pada awal karena proses ini melibatkan pembelajaran bersama antara ibu dan bayi.

3. Latih Tidur Teratur

Bayi baru lahir belum memiliki waktu tidur yang teratur karena belum dapat membedakan antara siang dan malam.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melatih tidur bayi dengan menciptakan jadwal tidur yang konsisten dan memberikan rutinitas sebelum tidur.