Mengenal Perubahan Suasana Hati dan Cara Mengatasinya

oleh -161 Dilihat
Cara mengatasi perubahan suasana hati. (Foto: pixabay)

XNews.ID – Mengalami fluktuasi emosi dalam jangka waktu lama dikenal dengan istilah mood swing. Beberapa indikasi bahwa Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati adalah suasana hati yang sangat buruk selama lebih dari dua minggu, tanda-tanda perasaan naik turun, dan ketidakmampuan untuk menjelaskan mengapa Anda merasakan hal tertentu.

Dilansir dari Centerstone, Senin(111/12/2023), ada banyak alasan berbeda mengapa seseorang mengalami perubahan suasana hati, dan mungkin ada berbagai pemicu yang menyebabkannya. Suasana hati mungkin berubah karena penyesuaian pola makan, masalah jadwal tidur, stres, cuaca, penggunaan narkoba, atau trauma. Penting untuk memperhatikan pola perilaku karena perilaku abnormal mungkin mengindikasikan bahwa sesuatu sedang terjadi.

Perubahan suasana hati mungkin sulit untuk ditangani, tetapi berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu meringankannya:

-Bicaralah dengan dokter Anda. “Jika perubahan suasana hati Anda menjadi semakin sulit untuk diatasi, mungkin inilah saatnya untuk berbicara dengan dokter umum Anda dan mencari tahu apa yang mereka rekomendasikan. Ada bantuan di luar sana untuk Anda,” kata Amonett. Penting untuk pergi ke dokter Anda untuk menyingkirkan kemungkinan masalah fisik apa pun.