7 Cara Meningkatkan Nilai Diri, Meningkatkan Harga Diri yang Rendah

oleh -91 Dilihat
Tips meningkatkan nilai diri. (Foto: Pinterest)

XNews.ID – Kita semua mempunyai saat-saat ketika kita kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan diri kita sendiri. Namun ketika rasa rendah diri menjadi masalah jangka panjang, hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan kehidupan kita sehari-hari.

Apa itu harga diri?

Harga diri adalah pendapat yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ketika kita memiliki harga diri yang sehat, kita cenderung merasa positif terhadap diri sendiri dan kehidupan secara umum. Hal ini membuat kita lebih mampu menghadapi pasang surut kehidupan.

Dikutip dari Nhs-uk, Senin, (29/1/2024, ketika harga diri kita rendah, kita cenderung melihat diri kita sendiri dan kehidupan kita dalam sudut pandang yang lebih negatif dan kritis. Kita juga merasa kurang mampu menghadapi tantangan hidup yang menimpa kita.

Apa yang menyebabkan harga diri rendah?

Harga diri yang rendah sering kali dimulai sejak masa kanak-kanak. Guru, teman, saudara kandung, orang tua, dan bahkan media mengirimkan pesan positif dan negatif tentang diri kita.

Untuk beberapa alasan, pesan bahwa Anda tidak cukup baik tetap melekat pada Anda. Mungkin Anda merasa sulit untuk memenuhi harapan orang lain terhadap Anda, atau harapan Anda sendiri. Stres dan peristiwa hidup yang sulit, seperti penyakit serius atau kehilangan , dapat berdampak negatif pada harga diri.

Kepribadian juga dapat berperan. Beberapa orang lebih rentan terhadap pemikiran negatif, sementara yang lain menetapkan standar yang terlalu tinggi untuk diri mereka sendiri.

Bagaimana harga diri rendah mempengaruhi kita?

Jika Anda memiliki harga diri atau kepercayaan diri yang rendah, Anda mungkin menyembunyikan diri dari situasi sosial, berhenti mencoba hal-hal baru, dan menghindari hal-hal yang menurut Anda menantang. Dalam jangka pendek, menghindari situasi yang menantang dan sulit mungkin membuat Anda merasa aman.