Penasaran Siapa Pencetus Lampu Pertama Didunia? Simak Berikut Ini!

oleh -76 Dilihat
Pencetus lampu didunia. (Foto: asera nishi)

XNews.ID – Lampu adalah alat untuk menghasilkan penerangan , awalnya berupa bejana berisi sumbu yang direndam dalam bahan mudah terbakar dan selanjutnya instrumen penghasil cahaya lainnya seperti lampu gas dan listrik.

Dilansir dari Britannica, Senin (29/1/2024) lampu ditemukan setidaknya sejak 70.000 SM . Awalnya terdiri dari batu berlubang yang diisi lumut atau bahan penyerap lainnya yang direndam dalam lemak hewani dan dibakar. Di kawasan Mediterania dan Timur Tengah, lampu paling awal berbentuk cangkang.

Awalnya, cangkang sebenarnya digunakan, dengan bagian-bagiannya dipotong untuk memberi ruang bagi area pencahayaan; kemudian lampu ini diganti dengan lampu tembikar , pualam, atau logam yang bentuknya menyerupai prototipe aslinya. Jenis lampu dasar awal lainnya, yang ditemukan di Mesir kuno dan Tiongkok, adalahlampu piring.

Terbuat dari tembikar atau perunggu, terkadang dilengkapi dengan paku di tengah kemiringannya untuk menopang sumbu, yang digunakan untuk mengontrol laju pembakaran. Versi lain memiliki asaluran sumbu, yang memungkinkan permukaan sumbu yang terbakar menggantung di tepinya. Jenis yang terakhir ini umum terjadi di Afrika dan juga menyebar ke Asia Timur.