Memahami Arti Kepemimpinan Serta Kekuasaan

oleh -69 Dilihat

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H,C.NSP, C.CL, C.MP, C.MTh *)

XNEWS.ID – Kepemimpinan adalah setiap usaha untuk memengaruhi, sementara itu kekuasaan dapta diartikan sebagai suatu potensi pengaruh dari seorang pemimpin. Jadi kekuasaan merupakan salah satu sumber seorang pemimpin untuk mendapatkan hak untuk mengajak atau memengaruhi orang lain.

Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Kepemimpinan diri adalah di mana seseorang secara sengaja memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan mereka sendiri untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan. pemimpin adalah sosok yang bertugas untuk memimpin. Sementara itu, kepemimpinan adalah metode yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya.

Jenis Gaya Kepemimpinan Skill Wajib yang Harus Dikuasai

Otoriter. Gaya leadership otoriter menempatkan seorang pemimpin sebagai orang yang berkuasa penuh atas segala hal yang terjadi di dalam kelompok: Demokratis, Delegatif, Transformasional, Transaksional, Otoriter, Demokratis, Delegatif.

Pemimpin yang efektif memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, bagaimana memotivasi teamwork, menangani dan mendelegasikan tanggung jawab, mendengarkan umpan balik (feedback), dan memiliki fleksibilitas untuk memecahkan masalah di tempat kerja yang selalu berubah.

Secara etimologi kepemimpinan dapat diartikan sebagai berikut : berasal dari kata dasar pimpin ( lead ) berarti bimbing atau tuntun. Setelah ditambah awalan pe menjadi pemimpin ( leader ) artinya orang yang mempengaruhi pihak lain. Apabila ditambahi akhiran an menjadi pimpinan artinya orang yang mengepalai.