Simak Manfaat dan Kegunaan Bawang Putih dan Madu Disini!

oleh -104 Dilihat
Manfaat bawang putih madu. (Foto: cookpad)

XNews.ID – Bawang putih dan madu memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti. Anda dapat menikmati khasiat bermanfaat dari kedua makanan ini dengan menikmatinya sendiri atau bersama-sama.

Dilansir dari Vinmec, Rabu (31/1/2024) Bawang putih dan madu dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau ditambahkan ke resep dalam bentuk alaminya.

1. Khasiat bawang putih dan madu

Bawang putih dan madu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia. Bahan utama yang bermanfaat bagi kesehatan dalam bawang putih segar: Allicin. Bawang putih mengandung oksigen, belerang, dan bahan kimia lain yang menjadikan bawang putih memiliki sifat antibakteri dan melawan penyakit.

Tinjauan medis mencatat bahwa memetik atau menghancurkan siung bawang putih segar melepaskan lebih banyak allicin dibandingkan menggunakan siung bawang putih utuh. Namun, bawang putih yang dicincang atau dihancurkan dapat menyebabkan hilangnya kandungan allicin secara cepat. Untuk mendapatkan manfaat senyawa allicin pada bawang putih secara maksimal, sebaiknya gunakan bawang putih segar sesegera mungkin.